Target Produksi Udang 300 Ton Per Bulan Dinas Kelautan dan Perikanan Morotai Jajaki Kerjasama Multipartid.
  • HUMAS DKP
  • 11 Juni 2022
  • 323 x
Produksi Budidaya Udang Vaname PT MMC Morotai

Dinas Kelautan dan Perikanan Morotai-Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan produksi Udang Vanname secara nasional sebesar 2 juta ton per tahun. Namun saat ini capaian produksi udang vanname hanya mencapai ..ton. Oleh karena itu sangat dibutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional dan kesejahteraan bangsa.

Saat ini Produksi Udang Vanname dari Pulau Morotai telah mencapai rata-rata 80,60 ton per tahun. Sementara menurut data statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Produksi Budidaya Udang Vanname dari Provinsi Maluku Utara mencapai rata-rata 161.98 ton. Dengan demikian Pulau Morotai telah memberikan sumbangsih sebesar 50 persen dari Total Produksi Budidaya Udang Vanname Maluku Utara.

Kedepan Morotai di harapkan akan menjadi penghasil Udang Vanname terbesar di Maluku Utara dengan target produksi Budidaya akan meningkat hingga mencapai volume produksi 300 ton per bulan. Dengan demikian kontribusi Budidaya Udang Vanname dari Pulau Morotai mencapai sekitar 3000 ton per tahun dari target nasional sebesar 2 juta ton.

Untuk mencapai target tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Morotai telah melakukan berbagai upaya diantaranya penjajakan kerjasama multipartid dengan beberapa pihak baik pemerintah pusat melalui Balai Budidaya Udang dalam lingkup wilayah kerja kawasan timur maupun pihak swasta. Pada tahun 2023 Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Morotai telah mengusulkan sejumlah program unggulan pengembangan Budidaya sebesar 12,8 milyar termasuk didalamnya 18 paket Budidaya Udang Vanname dengan total anggaran 3,6 milyar.

Dengan adanya sejumlah program di atas diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus dapat mengurangi jumlah pengangguran terbuka di pulau perbatasan seperti Morotai sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Morotai.


Berikan Komentar

Alamat Email anda tidak akan ditampilkan. Wajib diisi untuk kolom *